THe NaTuRe

Lingkungan Sekolah dan Perfomance Anak

Posted by Ivan on May 6, 2010



Banyak faktor yang menentukan keberhasilan anak sekolah dalam belajar. Salah satunya adalah faktor lingkungan sekolah atau seting ruangan. Banyak penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa ada kaitan antara lingkungan fisik tempat belajar dengan performance anak. Kenyamanan ruang belajar menjadi faktor penting dalam menunjang anak dalam belajar. Ruang belajar atau kelas yang tidak sehat akan mempengaruhi proses belajar anak sehingga hasil yang diperoleh anak pun tidak maksimal. Menurut beberapa studi terdahulu, kondisi ruang belajar yang tidak memadai, seperti kurangnya jendela, pencahyaan kurang, dan suhu mempengaruhi performance anak dalam belajar. Namun hal itu perlu dibuktikan secara jelas, karena kita tahu performance anak sangat banyak yang mempengaruhi. Maka itu penelitian ini mencoba mengkaji seberapa jauh lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perrformance anak murid.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Heath dan Mendell1 dengan cara menelusuri atau mencari artikel penelitian dengan menggunakan mensin pencari pada data base PubMed, ERIC, Web of Science, Toxline, and the American Society of Heating, Refrigeration and Air-conditioning Engineers (ASHRAE), dan pencarian manual di jurnal dan proceeding. Hasil pencarian artikel itu berjumlah 21 artikel. Dari artikel tersebut dapat di tarik kesimpulan ada hubungan antara lingkungan sekolah atau kelas dengan performance anak. Salah satu hasilnya bahwa ventilasi kurang baik di ruangan kelas dapat menurunkan performance anak dan lingkungan sekolah yang dekat dengan sumcer kebisingan juga dapat mempengaruhi performance anak. Selain itu ruang kelas yang lkebih besar dapat meningktkan mental performance anak

Berbicara mengenai keberhasilan seorang siswa sekolah, maka Lingkungan sekolah menjadi hal yang penting. Lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kemampuan anak belajar. Karena kita tahu bahwa anak sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah dari tempat lainnya. Lingkungan fisik bisa mempengaruhi perilaku seseorang (Belll., dkk.,m 1996). Demikian juga lingkungan sekolah atau ruang kelas. Lingkungan ruang kelas yang jauh dari gangguan, seperti bising (noise), polusi, ventilasi, dan pencahayaan yang baik dapat membantu anak dalam proses belajar. Lingkunagn belajar anak harus diciptakan sebaik mungkin dan senyamana mungkin. Caranya bisa memperhatikan faktor-fakor psikologis para anak dididk, dengan demikian diharapkan dapat meningkat kemampuan prestasi anak.
Hasil penelitian yang telah di peroleh menunjukan bahwa lingkungan sekolah mempunyai peran penting dalam keberhasilan anak. Dari 21 artikel yang ditelusuri terdapat konsisitensi dan kesamaan yang menyebutkan bahwa peran lingkungan sekolah dapat mempengaruhi performance anak sekolah. beberapa karekteristik yang bisa mempengaruhi performance anak. Diantaranya.: (1) tempat sekolah, sekolah yang berada dekat dengan kebisingan mempengaruhi proses belajar anak. (2) lingkungan dalams ekolah atau ruang kelas.ini meliputi bagaimana ventilasi di kelas, suhu dan besarnya ruangan.. (3) mengenai peralatan dan kondisi yang mendukung dalam proses belajar, seperti pencahyaan.
Namun penelitian ini tidak menyebutkan pengaruh warna ruangan terhadap peningkatan performance anak. Menurut Kennedy (2005), ada pengaruh warna terhadap performance anak sekolah. Warna dapat meningkatkan kemampuan anak dalam belajar. Menurutnya, pemberian warna harus memperhatikan umur. Untuk anak remaja sebaiknya warna biru dan hijau. Sedangkan untuk anak-anak pra sekolah lebih baik warna orange dan kuning. Selain itu penelitian di atas memiliki keterbatasan, yaitu kurang lengkap data yang diperoleh mengenai apa saja yang bisa mempengaruhi performance seorang anak dalam belajar. Kurang mampu dalam memprediksi variabel-variabel lain, yang barangkali bisa mempengaruhi performance anak. Penelitian ini hanya membahas tentang peran lingkungan sekolah alam mempengaruhi performance anak. Padahal faktor individu merupakan hal penting dlam menentukan keberhasilan seorang anak.

Referensi
GA Heath1and MJ Mendell1. 2002. Do Indoor Environments In Schools Influence Student Performance? A Review Of The Literature Proceding :Indoor Air 2002 Dari. http://www.chps.net/info/iaq_papers/PaperII 1.pdf

Bell, Fisher, Baum, dan Greene. 1996. Environmental psychology. Fourth Edition Florida: Harcout Braco Colega Publisher.

Kennedi, M. 2005 .Classroom Colors. American School and University Vol.77, Iss. 10; pg. 48.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: